4 Kota Mati Paling Menyeramkan Di Dunia

Berita Misteri - Biasanya setiap kota di dunia dihuni oleh berbagai kalangan masyarakat. Kota akan selalu disibukkan dengan kegiatan ataupun aktivitas yang ada di dalamnya. Namun ada juga kota di dunia ini yang sangat menyeramkan karena tidak ada aktivitas ataupun tidak dihuni oleh manusia lagi.


1. Pripyat Ukraina


Kota tak berpenghuni ini ada di wilayah negara Ukraina. Kabarnya, kota mati Pripyat ini dulunya sempat dihuni manusia hanya selama 16 tahun saja. Dikisahkan  bahwa semua penduduk dari Kota Pripyat ini berpindah beberapa hari sesudah meledaknya bencana Chernobyl di bulan April tahun 1986. Setelah diteliti, bahwa kandungan radiasi nuklir yang berbahaya pada kota mati ini sudah memasuki tahap radiasi yang sifatnya mematikan, sehingga jelas bahwa kota ini sudah tidak layak untuk dihuni manusia sampai beberapa ratus tahun ke depan. Akhirnya kota Pripyat ini sampai detik ini menjadi kosong, senyap, mencekam, dan sangat bernuansa mistis. Yang tersisa hanyalah bangunan – bangunan tuanya yang sudah sangat rapuh, dan kenangan-kenangan masa lalu.

2. Kolmanskop Namibia


Kota Kolmanskop ini terletak pada wilayah selatan Namibia. Letak dari kota Kolmanskop ini hanya sekitar beberapa kilometer dari arah pelabuhan Luderitz. Dulu, di tahun 1950, sebelum kota ini ditinggalkan penghuninya, dikisahkan bahwa aktifitas perekonomian pada kota ini menjadi turun drastis, biaya hidup menjadi sangat mahal dan kebutuhan sehari-hari menjadi sulit didapat, itu disebabkan adanya perang krisis pada era itu. Akibatnya, adalah satu demi satu penduduk dari kota ini memutuskan untuk berpindah tempat.

Dulunya, pada saat Perang Dunia I usai, pasar penjualan batu berlian di kota ini menjadi menurun drastis. Para penduduknya pun menjadi mulai sulit untuk bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari, yang pada puncaknya adalah bencana kelaparan dan banyak orang pergi meninggalkan kota ini. Yang kini, ganasnya padang pasir kembali merampas wilayah yang dulu pernah menjadi miliknya. Yang tersisa saat ini adalah kemegahan kota yang mulai lapuk, dan perlahan terkubur hening di dalam ganasnya iklim dan cuaca padang pasir. Rumah-rumah yang dalam kondisi tertimbun pasir itu semakin membuat kota ini menjadi nampak semakin mengerikan.

3. Hashima Island Jepang


Hashima Island, atau Pulau Hashima ini terletak di negara Jepang. Uniknya, pulau yang satu ini juga banyak dikenal dengan sebutan pulau hantu. Dulunya, dikisahkan bahwa pulau ini adalah salah satu fasilitas dari proyek penambangan batubara, yang sangat berjaya di masanya. Kejayaannya itu terjadi di masa abad 9 sampai pada pertengahan abad 20. Pulau mati yang juga memiliki nama Pulau Gunkanjima (bahasa Jepang : Pulau Kapal Perang) ini adalah hanya salah satu dari 505 buah pulau tidak berpenghuni pada wilayah Nagasaki.

Pada tahun 1890, sebuah perusahaan mobil Mitsubishi sempat memutuskan untuk membeli pulau ini, dengan tujuan bisa mengembangkan lagi tambang batubara yang ada di sekitar pulau tersebut. Dan setelah itu, tepatnya pada awal tahun 1916, sebuah tembok beton yang besar sengaja dibangun dengan mengelilingi pulau itu, tujuannya untuk bisa melindungi para pekerjanya dari serangan angin topan. Dan walahasil, pada tahun 1959 jumlah penduduk yang ada di pulau ini kian bertambah. Sampai-sampai pulau Gunkanjima ini berhasil mencatat rekor sebagai pulau yang populasi penduduknya paling padat di dunia.

Namun, karena perkembangan teknologi, bahan bakar batu bara berangsur berubah menjadi pemakaian minyak tanah, sehingga otomatis tambang-tambang bahan bakar batu bara perlahan tutup satu demi satu. Dan pada tahun 1974, secara resmi perusahaan Mitsubishi menutup usaha tambangnya itu, dan otomatis pulau Gunkanjima itu menajadi kosong melompong secara tiba-tiba. Saat ini pulau Hashima telah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi orang-orang yang memang ingin merasakan nuansa mencekam dan angker dari pulau yang satu ini. Bahkan, pulau ini pernah menjadi tempat pembuatan film serial James Bond, yang mana diceritakan tempat ini adalah markas besar para mafia penjahat.

4. San Zhi Taiwan


Di sebelah utara Taiwan ada sebuah kampung yang dibangun dengan futuristic. Tempat ini dibangun untuk menjadi tempat peristirahatan mewah bagi orang kaya. Namun pada saat pembangunan dilakukan, banyak pekerja yang mengalami kecelakaan fatal, sehingga pembangunan tempat ini terbengkalai begitu saja. Setelah mengalami krisis keuangan, akhirnya tempat tersebut benar – benar ditinggalkan oleh penghuninya. Dan sampai sekarang kabarnya tempat tersebut dihuni oleh para arwah orang – orang yang meninggal disitu.

Sumber : Liputan6




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lumba Lumba Purba yang Pernah Menguasai Lautan

gunung lumut-Kabupaten Paser, Kalimantan Timur,

3 Suara Rekaman Misterius Panggilan 911