6 Tempat Mengaggumkan Dienam Negara Didunia

1. Salar de Uyuni - Bolivia




Salar de Uyuni atau juga dikenal sebagai Salar de Tunupa merupakan dataran garam terluas di dunia dengan luas 10.582km persegi. Salar de Uyuni terletak di Provinsi Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650m. Diperkirakan juga kalau Salar de Uyuni ini mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Salar de Uyuni terkenal dengan pemandangan refleksi seperti cermin yang menawan.


2. Tianzi Mountain - China




Pegunungan Tianzi berada di Taman Nasional Zhangjiajie di Kota Zhangjiajie, Hunan, China. Ada sekitar tiga ratusan gundukan bukit terjal yang menghujam bumi di kawasan ini. Dari ratusan gunung terjal ini membentuk bermacam-macam gundukan. Bukit tertinggi tercatat hingga mencapai 400 meter. Bentuk bukitnya juga beragam. Menciptakan keragaman bukit terjal yang eksotik dan unik.
Luas kawasan taman nasional ini adalah 4,8 hektar.
Kalau juragan pernah nonton film Avatar garapan sutradara James Cameron, diceritakan serombongan pesawat bumi masa depan melayang beriringan di planet Pandora. Di perjalanan tersebut bermunculan gunung - gunung terjal yang melayang. Pegunungan terjal yang melayang tersebut sebenarnya terinspirasi oleh keindahan deretan pegunungan ini.


3. Eye of Sahara - Africa




The Eye of Sahara merupakan salah satu tempat misterius di dunia yang berada di barat daya Gurun Sahara, gurun terbesar di dunia. Pada Gurun ini terdapat lingkaran berulir dengan diameter super besar seperti mata yang saking besarnya lingkaran ini bisa dilihat dari luar angkasa. Struktur Richat, begitulah orang orang menyebut tempat misterius yang mengambil bentuk satu mata kolosal tunggal yang dikelilingi oleh cincin yang lebih besar dengan diameter 50 kilometer ini.
Jika dilihat dari angkasa, formasi alam yang unik ini tampak seperti sasaran tembak dengan warna biru cantik, tampak seolah-olah terdiri dari lingkaran yan berlapis-lapis.


4. Chocolate Hills - Philippines




Bukit Cokelat merupakan obyek wisata terkenal di Pulau Bohol, Filipina.
Terdiri dari 1268 bukit dengan tinggi tiap bukit berkisar 30-50m, dan luas 50km persegi. Bukit Cokelat ini bukanlah buatan manusia namun merupakan kejadian geologi yang berlangsung selama ribuan tahun.
Ditumbuhi oleh rerumputan yang menyelimuti seluruh bagian batuan gamping. Rerumputan inilah yang membuat bukit-bukit tersebut terlihat berwarna cokelat, apa lagi di akhir musim kering.


5. Mount Roraima - South America




Gunung seluas 31km persegi dan tinggi 2810m ini juga menjadi perbatasan tiga negara yaitu Venezuela, Brasil, dan Guyana.
Gunung ini menjadi sangat unik karena bentuknya yang lain dari pada yang lain. Memiliki ketinggian yang sama disemua sisinya membuat gunung ini memiliki permukaan atas yang berupa dataran lebar / seringkali disebut sebagai Table Mountain. Namun penduduk menyebutnya Maverick Rocks.


6. Door to Hell - Turmekistan




Berada di tengah gurun di Derweze, Karakum.
Sebuah lubang besar berdiameter 70m yang biasa disebut "Pintu Neraka" ini merupakan fenomena alam yang terjadi secara tidak sengaja. Berawal pada tahun 1971 ketika Ilmuwan Uni Soviet melakukan pengebora tanah untuk mencari minyak dan kemudian membakarnya untuk mengeluarkan gas beracun. Namun, api lubang tersebut tidak kunjung padam dan terus menyala selama 40 tahun hingga saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lumba Lumba Purba yang Pernah Menguasai Lautan

gunung lumut-Kabupaten Paser, Kalimantan Timur,

3 Suara Rekaman Misterius Panggilan 911