Lagi-Lagi Beredar Uang Berstempel Prabowo Jelang Pilpres 2019

Berita Misteri - Pada saat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, warga Tangerang sempat dikejutkan oleh penemuan uang pecahan Rp50 ribu berstempel Prabowo.


Lagi-Lagi Beredar Uang Berstempel Prabowo Jelang Pilpres 2019


Salah satu warganya, Adrian Hartanto Ardi (27) yang berdomisili di Taman Cibodas, Kota Tangerang mendapatkan uang pecahan Rp 50 ribu dengan stempel Prabowo. Dia mengatakan, uang itu didapatkan dari mesin ATM di sebuah minimarket di kawasan Modernland, Kota Tangerang.

"Kemarin malam saya tarik tunai di ATM Rp300 ribu, baru sadar tadi pagi saat mau belanja ada salah satu uang pecahan Rp50 ribu stempel ada tulisan nama Prabowo," ujar Adrian, Senin (3/9/2018).

Pada uang tersebut, tertera stempel membentuk lingkaran berwarna tinta biru. Dalam lingkaran stempel, terdapat tulisan 'Prabowo Satria Piningit Heru Cakra Ratu Adil'.


Adrian mengaku, cukup sangat terkejut dengan penemuan uang berstempel itu. Hal itu lantaran uang berstempel didapatkan dari mesin ATM disaat waktu sudah mulai mendekati masa Pilpres 2019. 

"Kalau kayak gini macam politik uang sudah mau dimulai sih. Mesti lebih hati-hati lagi sih ya," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, pada Pilpres 2014 lalu beredar pula uang berstempel serupa, yakni 'Prabowo Satria Piningit Heru Cakra Ratu Adil'. Bahkan, stempel itu ditemukan di beberapa uang pecahan, yakni uang pecahan Rp10.000, Rp20.000 dan Rp100.000.

Untung Bank Indonesia cepat merespons fenomena yang terjadi itu, dan BI juga mengklarifikasikan bahwa tindakan tersebut sudah ilegal dan melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011. 

Yang dimana isi UU tersebut adalah bahwa Setiap orang dilarang merusak, menghancurkan dan/atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara. 

BI juga menyatakan, masyarakat dapat segera menukarkan uang yang tidak layak edar ke Kantor BI terdekat.

Sumber : today.line.me

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lumba Lumba Purba yang Pernah Menguasai Lautan

gunung lumut-Kabupaten Paser, Kalimantan Timur,

3 Suara Rekaman Misterius Panggilan 911